Wednesday, April 18, 2012

× Shortcut Keyboard Pada Microsoft Excel ×

Aloha~ 
Sudah lama saya gak posting apa-apa di blog ini. Kenapa ? Karna saya kekurangan bahan untuk dipostingkan :p
Bukan karna itu aja, tapi karna kegiatan sehari-hari yang membuat saya tidak sempat untuk ngeblog. Tiap hari kerjaan saya ngantor dari pagi sampai sore, terus kuliah dari sore sampai malam. Habis kuliah kadang-kadang nongkrong minum jus bareng teman-teman kul. Pulang rumah langsung tepar -__-

Postingan kali ini membahas tentang shortcut-shortcut yang sering digunakan pada Ms.Excel. 

Sebelumnya, apa itu Ms.Excel ?
Bagi yang gak pernah buka, coba di cek di "start > all programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel 20xx (2003/2007/2010)"

Sudah lihat tapi masih gak ngerti? Silahkan baca deskripsinya disini (wikipedia)

Saya mem-postkan ini karena dikantor saya kerja sebagai Admin. Kerjaan saya banyak pakai komputer, dan aplikasi yang sering digunakan yaitu Microsoft Excel karena data-data diinput kesitu. Nah, untuk mempercepat / memudahkan kerjaan biasanya saya lebih banyak menggunakan shortcut daripada klik-klik menggunakan mouse.

Berikut ini daftar shortcut yang biasa saya gunakan :
- Ctrl + C : Copy data
- Ctrl + X : Cut data
- Ctrl + V : Paste data
- Ctrl + Arrow[panah kiri,kanan,atas,bawah] : Langsung melompat ke data berikutnya
- Shift + Arrow : Memblok beberapa data
- Ctrl + Shift + Arrow : Memblok sekaligus melompat ke data berikutnya
- F2 : Mengubah data
- F4 : Mengulang perintah terakhir yang telah dilakukan
- Ctrl + Z : Undo / Membatalkan perintah terakhir
- Ctrl + P : Memunculkan menu print
- Ctrl + F : Memunculkan menu find untuk mencari data
- Ctrl + Page Up/Down : Melompat ke sheet berikut/sebelum dari sheet yang sedang dikerjakan
- Alt + Shift + F1 : Menambah sheet baru
- Ctrl + - : Menghapus kolom/ baris
- Ctrl + Shift + + : Menambah kolom/ baris
- Alt + tab : Berpindah ke file lainnya
- Ctrl + Shift + 3 : Mengubah ke format tanggal
- Ctrl + D : Mengcopy data paling atas pada 1 deret agar sama dengan dibawahnya *Update 17 June
- Ctrl + H : Memunculkan menu find & Replace *Update 17 June

Dengan menggunakan shortcut diatas, saya jamin kerjaan kita akan lebih cepat :D
Maaf ya kalau keterangannya kurang jelas, dipraktek'in aja langsung ;)
Itu aja yang saya ingat, ntar kalau ada tambahan bakal saya tambah ke list diatas. Kalau ada yang ingin menambahkan, silahkan menambahkan di kolom komentar. Nanti saya masukkan kedalam list di postingan :)

1 comment:

  1. Hi, Nice post! Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

    Thanks!

    Harry
    harry.roger10@gmail.com

    ReplyDelete

Please leave your comment, thanks ^^
Click Load More to view comments :)