Friday, September 23, 2011

Cari Kerja

Hola~
Setelah lama menganggur akhirnya saya mencari kerja, tujuannya ya untuk mencari uang + pengalaman. Banyak yang ingin saya beli tapi gak kesampaian gara-gara masalah uang.
Hari ini saya melamar kerja di salah satu perusahaan di kota saya melalui perantara koko(abang) saya yang bekerja di perusahaan itu. Awalnya saya ingin melamar di bagian kontrol aktivitas, tapi koko saya bilang kalau pekerjaan itu masih kurang jelas dan akhirnya dia menawarkan untuk bagian accounting.
Sekitar jam 8 lewat saya ke kantor untuk mencari koko saya, kemudian saya diajak ke cabang untuk melamar bagian accounting. Saya langsung memberikan surat lamaran saya, dan mereka memberi form formulir data-data pribadi dsb, setelah itu langsung melakukan test dan interview. Test pertama soal ketelitian, kemudian test menghitung, test motivasi, dan terakhir test pengetahuan dasar akuntansi.
Nah, masalah dimulai pada test pengetahuan dasar akuntansi ini. Karna dari awal saya gak nyangka bakal melamar di bagian accounting, saya gak belajar sama sekali tentang akuntansi. Terakhir saya belajar saat SMP, itupun cuma belajar pembukuan, bukan teori. Di test pengetahuan dasar ini saya jawab sebisanya. Setelah itu, langsung dilakukan interview. Interview berjalan lancar walaupun saya sedikit terbata-bata, maklum lah, saya masih sangat tegang karna ini pertama kalinya saya mencari kerja.
Setelah interview, saya disuruh pulang dan jika saya diterima maka saya akan dihubungi. Waktu itu sekitar jam 11, saya pulang dengan perasaan gembira lalu buka komputer dan searching tentang soal di test tadi. Ternyata oh ternyata, jawaban saya salah... T_T
Saya masih optimis sampai akhirnya sekitar jam 1 lewat koko saya menelpon, dia bilang "Untuk bagian accounting mereka gak bisa menerima orang lagi, pekerja laki-laki sudah 20%, gimana kalo coba melamar di bla bla bla bla" saya pun cuma menjawab "oh, ok lah, ya"
Dari kata-kata ditelpon tadi sudah jelas kalau saya ditolak. :|
Saya langsung pergi tidur siang...
Itulah pengalaman pertama saya mencari kerja. Cukup menyakitkan... tapi saya gak kecewa karna saya sadar kalau saya gak lulus test dan memang belum pantas bekerja dibagian accounting :p
Saran saya buat teman-teman yang mencari kerja seperti saya ini:
  1. Pastikan dulu pekerjaan apa yang mau dilamar
  2. Setelah tau, segeralah cari informasi tentang pekerjaan itu, bisa melalui buku/internet/teman
  3. Siapkan mental sebelum pergi melamar pekerjaan
  4. Do your best :D

Usahakan jangan seperti saya, menyianyiakan kesempatan :(
Memang sedikit menyesal sih, tapi yasudahlah... :)

Btw saya sedang melamar di bagian kontrol aktivitas, katanya hari senin akan diputuskan diterima atau tidak :)

Sekian dulu yah~

No comments:

Post a Comment

Please leave your comment, thanks ^^
Click Load More to view comments :)